Sepeda Gunung (Mountain Bike/MTB)

Sepeda gunung/Mountain Bike yang sering disebut juga MTB, yaitu sepeda yang diciptakan untuk off-road, lintasan yang penuh dengan rintangan seperti batu, turunan curam, kotoran di jalan, jalan tanah dan lain-lain. Sepeda ini harus mampu menahan tekanan dari off-road dengan kendala seperti batu dan kayu. Roda atau ban (tire) yang digunakan biasanya berukuran besar dan memiliki benjolan-benjolan atau lebih kasar dari pada sepeda biasa. Sepeda gunung pun dibagi kembali manjadi beberapa type sebagai berikut:
1. Sepeda Cross Country atau sering disebut XC yaitu sepeda yang cocok digunakan pada track rerumputan, hutan, lumpur & sungai. Di design dengan bobot yg lebih ringan dibanding freeride & downhill, pengendara XC bike dapat melaju dengan lebih cepat & ringan dibanding jika mengendarai downhill (DH) atau freeride bike.

2. Sepeda DH atau Downhill yaitu jenis yang sering digunakan untuk track yang banyak turunan. DH di design untuk dapat menyerap shock, lebih banyak metal, lebih stabil dibagian belakang untuk meningkatkan stabilitas waktu menuruni bukit / jumping.

3. Freeride, jenis ini biasa dipakai bagi mereka yang senang kombinasi downhill dan dirt jumping. Bentuk sepeda sama sangat mirip dengan DH bike cuma beda dikit yaitu DH pakai double crown fork sedangkan freeride pakai single crown fork dan Freeride di design dengan upright geometri yang lebih dan bottom braket yg lebih tinggi dibanding DH.

Sepeda Anda

4. Sepeda DJ atau Dirt Jump yaitu sepeda yang didesain untuk melakukan aktifitas lompatan-lompatan tinggi dan extreme, seperti halnya sepeda-sepeda BMX. Bentuk frame DJ biasanya berkesan kokoh dan gaya, namun agak terasa berat untuk jalur menanjak. DJ untuk keperluan Cross Country, biasanya dikombinasi dengan menggunakan solusi berupa memperingan komponen-komponen penyusun lainnya seperti fork, velg ataupun crank.


5. Sepeda AM atau All Mountain yaitu sepeda yang dirancang untuk lintas alam berat seperti naik turun bukit, masuk hutan, melintasi medan berbatu, dan menjelajah medan offroad jarak jauh. Keunggulan all mountain ada pada ketahanan dan kenyamanannya untuk dikendarai. Hampir semua sepeda AM bertipe full-suspension (suspensi depan dan belakang.

Silahkan berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s